Tips Mendekorasi Kamar Mandi Kecil Anda Menjadi Terasa Lebih Besar

Untuk kebanyakan orang yang hanya menyisihkan sedikit ruang di rumahnya untuk dijadikan area kamar mandi, tentu kamar mandi terasa sangat sempit dan tidak nyaman. Namun bagaimana kesan yang diberikan sebuah kamar mandi tidak selalu bergantung pada ukuran aslinya. Mungkin sedikit bantuan jasa renovasi rumah bisa mengatasi masalah ini, namun ternyata sedikit sentuhan berbeda pada dekorasi pun dapat menciptakan suasana kamar mandi yang lebih besar.

Memang benar kamar mandi yang kecil bisa terasa nyaman dan intim. Namun, pada beberapa kesempatan, kamar mandi tersebut ternyata bisa juga terasa sesak dan sempit. Bergantung pada gaya dekorasi, kamar mandi Anda bisa jadi terasa luas, menawan, atau mewah bak kamar mandi istana.

Seringkali bagaimanapun gaya yang Anda pilih untuk menghias kamar mandi kecil Anda, tetap saja kamar mandi tersebut terasa kecil. Tapi dengan sedikit sentuhan visual, perubahan warna, dan pencahayaan, Anda bisa mengubah bak mandi kecil Anda menjadi tempat relaksasi yang nyaman.

Kamar mandi memang ruang yang istimewa, namun tips-tips menciptakan kesan ruangan lebih besar yang berlaku di sini ternyata dapat berlaku juga untuk ruangan lain di rumah. Gunakan beberapa trik dekorasi ini untuk membuat kamar mandi Anda terlihat dan terasa lebih besar, meski dengan ukuran yang sama.

Jasa Renovasi Rumah 2017

Pilih Warna yang Menciptakan Rasa Tenang

Warna nude, atau pastel, atau skema warna lembut cenderung memberi ilusi ruang yang lebih luas. Hal ini bukan berarti sebuah kamar mandi harus didekorasi dengan warna merah jambu, tapi hindari warna yang kuat, pekat dan terlalu menarik perhatian. Gunakan warna-warna terang hanya untuk ornamen-ornamen kecil dan handuk, tapi pilih tone warna pastel, netral, dan putih untuk latar belakang utama. Warna “cool” juga dapat memberi perasaan tenang.

Mencerahkan Ruangan

Tanpa menggunakan unsur kontra apapun, Anda bisa menambahkan pencahayaan ekstra untuk “membuka” tampilan kamar mandi Anda dan menambahkan kesan positif. Penerangan yang memadai di kamar mandi dapat diakali dengan dipasang di langit-langit dan terfokus pada seluruh penjuru ruangan. Lampu meja atau lampu dinding juga akan menambah kesan hangat. Alternatif lain yang sedikit lebih mahal untuk membawa lebih banyak cahaya ke dalam ruangan adalah dengan memasang jenis skylight atau membuat jendela lebih besar.

Tukar Vanity Berukuran Besar dengan Wastafel Sederhana

Sebuah vanity memang menjadi tempat penyimpanan yang indah di kamar mandi, namun kehadirannya dinilai memakan tempat yang terlalu banyak di kamar mandi mungil Anda.

Mengganti vanity dengan wastafel sederhana yang terpasang di dinding bisa menjadi alternatif yang menarik. Kamar mandi Anda akan terasa lebih terbuka, dan tentunya juga akan lebih luas. Anda dapat membuat tempat penyimpanan dengan menaruh rak kecil atau lemari dinding sederhana.

Gunakan Cermin Lebar

Cermin telah lama dikenal dapat memberikan ilusi optik ruang yang dua kali lebih besar dari aslinya. Jika memadai, carilah cermin yang besar untuk diletakkan di depan wastafel kamar mandi. Cermin akan memantulkan seluruh cahaya di dalam ruangan, beserta warna dan corak yang ada di dalamnya. Anda juga bisa mempertimbangkan untuk menaruh beberapa koleksi cermin yang disusun secara artistik di sekeliling satu cermin utama.

Pilih Lantai Berwarna Cahaya

Sama halnya dengan dinding, lantai akan membuat ruangan tampak lebih luas dan terbuka jika menggunakan warna yang terang. Jika Anda merasa terlalu sulit untuk mengganti material lantai, Anda dapat menggunakan karpet besar berwarna terang di atas lantai Anda yang ada.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *